PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 32 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Ria Indah and Gunawan, Ansyori and V. Karjiati, V. Karjiati (2018) PENGARUH MODEL INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 32 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skipsi ria indah pratiwi.-converted.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 32 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the mathing only pretest�posttest control group design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistif deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Instrumen penelitian ini adalah menggunakan lembar tes. Dan dari analisis data tersebut, rata-rata skor kelas eksperimen 76,13 dan kelas kontrol 65,74. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : model pembelajaran inkuiri memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung > ttabel yakni 3,80 > 2,00. Disimpulankan bahwa dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh hasil belajar antara kelas yang diberikan stimulus model inkuiri yang terlihat dalam hasil pretest dan postest. Kata Kunci : Model inkuiri terbimbing, hasil belajar, pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:40
Last Modified: 18 Jul 2023 01:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13428

Actions (login required)

View Item View Item