PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU

Prayogi, Rizki Dwi and Muktadir, Abdul and Wurjinem, Wurjinem (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RIZKI DWI PRAYOGI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantu media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental research) dengan jenis desain penelitian The Matching Only Pretest-Postest Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu yang berjumlah 399 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 rombongan belajar, teridiri dari kelas VC SDN 82 Kota Bengkulu (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VA SDN 73 Kota Bengkulu (sebagai kelas kontrol). Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes keterampilan menulis puisi yang diberikan melalui pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen (58) dan posttest (79), sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol (57) dan posttest (73). Hasil uji-t posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai t hitung 3,97 lebih besar dari pada nilai t table pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantu media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Gugus IX Kota Bengkulu. Kata kunci : Concept Sentence, Media Gambar, Menulis Puisi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:47
Last Modified: 18 Jul 2023 01:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13433

Actions (login required)

View Item View Item