PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU

Jayanti, Rohmah Novita and Wurjinem, Wurjinem and Syahril, Yusuf (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD GUGUS IX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ROHMAH NOVITA JAYANTI SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD gugus IX kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes tertulis berbentuk tes objektif dengan multiple choice. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 82 Kota Bengkulu (kelas kontrol) dan siswa kelas VB SDN 73 Kota Bengkulu (kelas eksperimen). Hasil uji-t didapatkan thitung 2,412 > ttabel 1,675. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Gugus IX Kota Bengkulu. Kata kunci: Media, Video, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:49
Last Modified: 18 Jul 2023 01:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13434

Actions (login required)

View Item View Item