STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA DAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SDN KOTA BENGKULU

Ulandari, Sinta Dian and Gunawan, Ansyori and Feri, Noperman (2018) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA DAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DI KELAS V SDN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SINTA DIAN ULANDARI A1G014049).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan literasi matematika siswa antara penggunaan media pembelajaran geogebra dan media pembelajaran manipulatif pada materi jaring-jaring bangun ruang di kelas V SDN Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Desain pada penelitian ini adalah Pretest-Posttest Comperations Grup Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kota Bengkulu yang berakreditasi B dan Merupakan sekolah imbas. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VA SDN 18 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen I dan siswa kelas VB SDN 18 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen II. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dengan bentuk soal essai untuk komponen proses, pilihan ganda untuk komponen konten, dan penugasan untuk komponen konteks. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I sebesar 25,300, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen II sebesar 33,710, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I sebesar 65,710, dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II sebesar 54,530. Hasil uji-t pretest pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,025. Hasil uji-t posttest pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,0250. Selanjutnya dilakukan uji-t untuk nilai gain diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,0250 artinya terdapat perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa antara penggunaan media pembelajaran geogebra dan media pembelajaran manipulatif pada materi jaring-jaring bangun ruang di kelas V SDN Kota Bengkulu. Kata kunci: Geogebra, Literasi Matematika, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:58
Last Modified: 18 Jul 2023 01:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13436

Actions (login required)

View Item View Item