PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SE KOTA BENGKULU

Aisyah, Siti and Gunawan, Ansyori and Hasnawati, Hasnawati (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SE KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI SITI ASIYAH (A1G014048).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri se Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-posttest Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelompok sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar di Kota Bengkulu yang masih menggunakan KTSP yaitu sebanyak 15 sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVB SDN 60 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian yang dilakukan dari perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sedangkan kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensiaonal, diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen 78,708 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelompok kontrol 62,170 dan didapat hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan thitung sebesar 4,366 dan ttabel 1,678 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan thitung>ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri se Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif, tipe Make A Match, hasil belajar, matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:02
Last Modified: 18 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13438

Actions (login required)

View Item View Item