PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 41 KOTA BENGKULU

Harto, Tedy and Resnani, Resnani and Sri, Dadi (2018) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 41 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI TEDY HARTO (A1G013118) pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 41 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian ‘The matching only pretest-posttest control group design’, yakni adanya perlakuan yang berbeda di kelas kontrol dan kelas eksperimen, untuk melihat kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 41 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26 dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar test pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (uji-T). Diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 75,56 dan pada kelas kontrol 71,40. Selain itu, berdasarkan hasil uji�t diperoleh thitung sebesar 2,40 dan ttabel sebesar 1,67. Jadi dengan thitung (2,40) > ttabel (1,67) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf 5% pada pemanfatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 41 Kota Bengkulu. Kata kunci: Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, Karangan Deskripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:07
Last Modified: 18 Jul 2023 02:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13440

Actions (login required)

View Item View Item