PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi deskriptif kualitatif pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu)

Olyviani, Tiara and Yusuf, Syahril and Dwi, Anggraini (2018) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH (Studi deskriptif kualitatif pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan peran guru dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan sekolah pada siswa kelas V Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. Fokus penelitian ini adalah guru berperan sebagai motivator, fasilitator, informator, evaluator dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan sekolah pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas VA Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah human instrument dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi dan member check. Triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini yaitu guru kelas VA sudah menerapkan dan melakukan semua perannya dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan sekolah pada siswa. Peran guru tersebut diantaranya yaitu sebagai; 1) Guru sebagai motivator memberikan dorongan semangat dalam membuang sampah pada tempatnya, 2) Guru sebagai fasilitator menyediakan alat kebersihan di setiap lingkungan sekolah, 3) Guru sebagai informator memberikan informasi pentingnya membersihkan wc dan 4) Guru sebagai evaluator menilai sikap peduli siswa dalam setiap kegiatan membersihkan kebun sekolah. Peran guru tersebut sudah diterapkan pada masing-masing siswa. Kata kunci: Peran Guru, Sikap Peduli, Lingkungan Sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:14
Last Modified: 18 Jul 2023 02:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

View Item View Item