Sari, Yeli Yulia and Kustianti, Sri Ken and Feri, Noperman (2018) PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM APLIKASI IDENTIFIKASI JENIS BAMBU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP SIKAP PEDULI PELESTARIAN BAMBU PADA SISWA KELAS IV SD N KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
yeli yulia sari (skripsi). pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Program Aplikasi Identifikasi Jenis Bambu Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Sikap Peduli Pelestarian Bambu Pada Siswa Kelas IV SD N Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dengan metode penelitian eksprimen semu dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Two Stage Random Sampling sehingga diperoleh kelas IV C SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA SDN 76 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes sikap peduli siswa yaitu angket pernyataan yang diberikan melalui pretest dan posttest yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t dua sampel independen, diperoleh nilai thitung (11,25) > ttabel (1,677) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan program aplikasi identifikasi jenis bambu sebagai media pembelajaran terhadap sikap peduli pelestarian bambu pada siswa kelas IV SD N kota Bengkulu. Kata Kunci: Program Aplikasi Identifikasi Jenis Bambu, Sikap Peduli Pelestarian Bambu, IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:24 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13446 |
Actions (login required)
View Item |