PENGARUH PEMANFATAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD KOTA BENGKULU

Oktaviani, Yessi and Lusa, Herman and Feri, Noperman (2018) PENGARUH PEMANFATAAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
YESSI OKTAVIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran terhadap minat siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan desain penelitian the maching only pretest�posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Kota Bengkulu yang menggunakan kurikulum KTSP. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN 82 berjumlah 23 siswa merupakan kelas eksperimen dan kelas IVA berjumlah 24 siswa merupakan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket yang menggunakan skala Likert yang diberikan melalui pretest yaitu sebelum pembelajaran berlangsung dan posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriftif, dan uji prasyarat dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan nilai thitungsebesar 10,52 dan nilai ttabel sebesar 1,673. Jadi dengan thitung (10,52) > ttabel (1,673) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Kota Bengkulu. Kata Kunci: Media Augmented Reality, minat belajar siswa, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:25
Last Modified: 18 Jul 2023 02:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13447

Actions (login required)

View Item View Item