PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN GUGUS 01 KOTA BENGKULU

Lestari, Yuni and Dadi, Sri and Herman, Lusa (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN GUGUS 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI YUNILESTARI (A1G014067) BAKAR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan lingkungan pantai terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN Gugus 01 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif , menggunakan metode eksperimen, dengan desain The matching Only Pretest�Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice. pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SDN 07 Kota Bengkulu (kelas kontrol) dan siswa kelas IVB SDN 01 Kota Bengkulu (kelas eksperimen). Hasil uji-t didapatkan thitung 2,80> ttabel 1,67 untuk IPA dan IPS 2,31> ttabel 1,67.Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pengaruh penerapan pendekatan lingkungan terhdap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN Gugus 01 Kota Bengkulu. Kata kunci: Pendekatan Lingkungan, Hasil Belajar , Pembelajaran Temati

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:27
Last Modified: 18 Jul 2023 02:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item View Item