HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU BERCERITA DENGAN KEMAMPUAN ANAK MENYIMAK CERITA (Di Kelompok B2 Dan B3 Sentra Sains TK Tunas Harapan Kota Bengkulu)

Wardani, Aprillita and Saparahayuningsih, Sri and Yulidesni, Yulidesni (2018) HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU BERCERITA DENGAN KEMAMPUAN ANAK MENYIMAK CERITA (Di Kelompok B2 Dan B3 Sentra Sains TK Tunas Harapan Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
pdf skripsi aprilita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru dalam bercerita, bagaimana kemampuan anak menyimak cerita, dan bagaimana hubungan kemampuan guru bercerita dengan kemampuan anak menyimak cerita di TK Tunas Harapan Kota Bengkulu?. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kemampuan guru bercerita dengan kemampuan anak menyimak cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B2 dan B3 pada Sentra Sains yang berjumlah 21 orang yang terdiri dari 2 anak laki-laki dan 19 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran agket dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus anova satu jalur. Hasil penelitian menjukkan bahwa kemampuan guru bercerita berada dalam klasifikasi sangat baik. Sedangkan kemampuan anak menyimak cerita berada dalam klasifikasi baik, dan kemampuan guru bercerita dengan kemampuan anak menyimak cerita memilki hubungan yang signifikan. Ini dapat di buktikan dari �������> � ��� , yakni 791,233> 23,848 dengan taraf signifikan pada titik 0,00. Implikasi dalam dalam penelitian ini adalah kemampuan guru bercerita dengan kemampuan anak menyimak cerita terdapat hubungan yang signifikan. Cara yang dapat guru lakukan untuk menguasai kemampuan dalam bercerita yakni dengan menguasai materi, mengetahui tujuan bercerita, mengetahui jenis-jenis cerita, dan mengetahui kriteria pemilihan cerita. Sedangkan bagi peneliti berikutnya dapat meneliti anak yang belum memilki penguasaan dalam mendengar dan memahami dengan strategi yang lain. Kata kunci: Kemampuan bercerita, Kemampuan menyimak

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:40
Last Modified: 18 Jul 2023 02:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item