MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEMBENTUK MENGGUNAKAN MEDIA TANAH LIAT PADA ANAK KELOMPOK B1 PAUD ANNISA SALSABILLA KOTA BENGKULU

Agustiani, Dwi and Saparahayuningsih, Sri and Wembrayarli, Wembrayarli (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEMBENTUK MENGGUNAKAN MEDIA TANAH LIAT PADA ANAK KELOMPOK B1 PAUD ANNISA SALSABILLA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DWI AGUSTIANI FKIP PG PAUD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan kegiatan bermain membentuk menggunakan media tanah liat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada masing-masing siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui media tanah liat dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak dari rata-rata pada siklus satu 3.23 dengan kriteria cukup ke rata-rata pada siklus kedua 3.89 dengan kriteria baik. Peningkatan ini dikarenakan penggunaan media tanah liat dengan memfokuskan pada aspek Memegang, menjumput, meremas, dan koordinasi mata dan tangan. Pada siklus II ini kemampuan motorik halus anak telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 90 % dari 10 jumlah anak yang telah mencapai indikator pada kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain membentuk menggunakan media tanah liat. Saran dari peneliti agar dapat menerapkan kegiatan bermain membentuk menggunakan media tanah liat dengan tema dan sub tema yang lebih bervariasi dan penelitian ini tidak cocok untuk anak yang kurang aktif bergerak. Kata kunci: Keterampilan motorik halus, Kegiatan bermain membentuk, Media Tanah Liat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:56
Last Modified: 18 Jul 2023 02:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13462

Actions (login required)

View Item View Item