MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI SENI KERAJINAN TANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK B PAUD IT BABBUSALAM KOTA BENGKULU

Nisa, Elin Khomsatun and Saparahayuningsih, Sri and Wembrayarli, Wembrayarli (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI SENI KERAJINAN TANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ORIGAMI PADA ANAK KELOMPOK B PAUD IT BABBUSALAM KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Elin Khomsatun Nisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilanmotorik halus anak melalui seni kerajinan tangan dengan media origami pada anak kelompok B PAUD IT Babbusalam Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research)yang dilaksanakan dengan dua siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus statistik uji rata-rata dan presentase. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui seni kerajinan tangan dengan media origami dapat meningkatkan keterampilanmotorik halus anak. Pada siklus I keterampilan motorik halus kriterianya cukup danpada siklus II kriterianya baik.Dari hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti berikutnya untuk meneliti dengan media manipulative.Karena dengan media origami beberapa anak masih sulit untuk mengkoordinasikan mata tangannya. Kata kunci: Keterampilan motorik halus, Seni kerajinan tangan,Media origami

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:07
Last Modified: 18 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13467

Actions (login required)

View Item View Item