PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEBERSIHAN DIRI ANAK USIA DINI (Penelitian Eksperimen di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu)

Syntia, Ensi and Kurniah, Nina and Delrefi, Delrefi (2018) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KEBERSIHAN DIRI ANAK USIA DINI (Penelitian Eksperimen di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ENSI SYNTIA PGPAUD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap kebersihan diri anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini tersebar dalam kelompok B1,B2,B3,B4, dan B5 yang berjumlah 92 orang anak di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu anak B2 dengan jumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t (one sample t-tes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode drill terhadap kebersihan diri anak usia dini, dengan hasil uji thitung = 6,03 lebih besar dari ttabel = 1,753. Hal ini berarti bahwa metode drill tepat untuk mengembangkan kebiasaan kebersihan diri, sehingga direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan metode drill yang dipersiapkan secara matang sebagai alternatif untuk menanamkan kebiasaan kebersihan diri di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Bengkulu. Kata kunci : Kebersihan diri, Metode drill

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:13
Last Modified: 18 Jul 2023 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13470

Actions (login required)

View Item View Item