MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA MANDA PADA KELOMPOK B1 DI PAUD MELATI KOTA BENGKULU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B1 Di PAUD Melati Kota Bengkulu)

Ramadhania, Febrina and Sumarsih, Sumarsih and Yulidesni, Yulidesni (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA MANDA PADA KELOMPOK B1 DI PAUD MELATI KOTA BENGKULU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B1 Di PAUD Melati Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional sunda manda pada kelompok B1. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian anak kelompok B1 PAUD Melati Kota Bengkulu yang berjumlah 10 orang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan rumus rata-rata dan rumus ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional sunda manda dari rata�rata siklus I sebesar 3,55 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 4,4 dengan kriteria baik. Disarankan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan permainan tradisional lainnya yang berbeda lebih menarik dan menyenangkan bagi anak. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Permainan Tradisinal Sunda Manda

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:17
Last Modified: 18 Jul 2023 03:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13472

Actions (login required)

View Item View Item