UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B2 PAUD Kemala Bhayangkari-29 Arga makmur)

Hefy, Hefy and Nasirun, Nasirun and Yulidesni, Yulidesni (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN MAKRO (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok B2 PAUD Kemala Bhayangkari-29 Arga makmur). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI HEFY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan bermain peran makro dapat meningkatkan keterampilan sosial anak di B2 PAUD Kemala Bhayangkari-29 Arga Makmur?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan sosial anak melalui kegiatan bermain peran makro pada kelompok B2 PAUD Kemala Bhayangkari-29 Arga Makmur. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian anak kelompok B2 PAUD Kemala Bhayangkari-29 Arga Makmur yang berjumlah 13 orang anak terdiri dari 7 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial melalui kegiatan bermain peran makro dari rata�rata pada siklus satu sebesar 3,36 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus kedua sebesar 4,02 dengan kriteria baik. Kesimpilan dari penelitian yaitu keterampilan sosial anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain peran makro. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meningkatkan keterampilan sosial anak terutama pada aspek berkomunikasi untuk lebih distimulasi lagi. Kata Kunci: Keterampilan Sosial, Bermain Peran Makro

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:26
Last Modified: 18 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13478

Actions (login required)

View Item View Item