PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK (Research and Development)

Mixsen, Muhammad Iqbal and Setiawan, Iwan and Andik, Purwanto (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_M IQBAL MIXSEN (A1E018034).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berbasis powtoon untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi alat-alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D dengan langkah-langkah define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data yaitu teknik non tes yang menggunakan data observasi dan angket. Teknik analisis data yaitu dengan metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah guru fisika dan peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2, 4, dan 9 Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi alat-alat optik yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase rata-rata 82.47%. Kata kunci: Media Pembelajaran powtoon, Kemampuan Berpikir Kreatif, Alat-alat Optik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:10
Last Modified: 01 Aug 2023 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item View Item