PERAN GURU DALAM MENANAMKAN DISIPLIN PADA ANAK DI KELOMPOK B4 TK KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU

Gusniati, Lusi and Kurniah, Nina and Mona, Ardina (2018) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN DISIPLIN PADA ANAK DI KELOMPOK B4 TK KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru menanamkan disiplin dalam pembelajaran pada anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 orang guru kelas kelompok B4.Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Pemeriksa data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan dan disiplin sikap yaitu guru sudah menerapkan peran. Adapun peran yang dilakukan oleh guru seperti datang sekolah tepat waktu, mengajarkan anak untuk disiplin menyelesaikan tugas tepat waktu, makan, istirahat tepat waktu, pulang sekolah tepat waktu, dan guru menggunakan bahasa yang sederhana sehingga anak mengerti dengan apa yang guru sampaikan.Terkait dengan hasil penelitian tersebut, disaran kepada guru TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu untuk lebih ditingkatkan lagi, dipertahankan, dan memberikan contoh atau teladan yang baik bagi guru lainya. Kata Kunci : Peran Guru, Disiplin, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:40
Last Modified: 18 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13484

Actions (login required)

View Item View Item