PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU PAUD (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD Gugus 7 Melati Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu)

Constantia, Marzela and Sumarsih, Sumarsih and Anni, Suprapti (2018) PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU PAUD (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD Gugus 7 Melati Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MARZELA CONSTANTIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAUD di gugus 7 Melati Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian 11 guru dengan masa kerja minimal 2 tahun sampai 15 tahun. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan analisis data model interaktifdari Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAUD dalam kegiatan pengembangan diri telah dilaksanakan oleh semua guru PAUD dengan melalui diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru, (2) Pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAUD dalam kegiatan publikasi ilmiah dilaksanakan guru dengan melalui presentasi pada forum ilmiah telah dilaksanakan tiga guru, pembuatan publikasi buku dan publikasi hasil penelitian belum terlaksana, (3) Pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru PAUD dalam kegiatan karya inovatif dilaksanakan guru dengan melalui pembuatan teknologi tepat guna telah dilaksanakan dua guru, menemukan atau menciptakan karya seni telah dilaksanakan enam guru, membuat dan modifikasi alat pelajaran dan melaksanakan pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal dan sejenisnya telah dilaksanakan semua guru PAUD. Implikasi dalam penelitian ini bahwa semua komponen pengembangan keprofesian berkelanjutan masih ada yang belum dilaksanakan oleh guru, terutama pada kegiatan publikasi buku dan publikasi hasil penelitian sehingga di sarankan kepada dinas pendidikan atau terkait untuk menyelenggarakan pelatihan guru tentang publikasi buku dan publikasi hasil penelitian. Kata Kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:42
Last Modified: 18 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13486

Actions (login required)

View Item View Item