PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) PADA PROSES MANAJEMEN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN ZACHMAN FRAMEWORK (STUDI KASUS: BANK BENGKULU)

Anwar, Dewi Anugerah and Erlansari, Aan and Andang, Wijanarko (2022) PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING (EAP) PADA PROSES MANAJEMEN PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN ZACHMAN FRAMEWORK (STUDI KASUS: BANK BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DEWI ANUGERAH ANWAR (G1F017009).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Bank Bengkulu sebagai Bank Pembangunan Daerah yang masih berkembang menuju World Class Company juga sedang dalam perkembangan pada bidang Teknologi Informasinya, hingga sekarang Bank Bengkulu masih belum memiliki pendefinisian yang jelas mengenai arsitektur IT perusahaan (Enterprise Architecture) yang mencakup arsitektur data, proses/aplikasi, dan teknologi/jaringan. Tujuan penelitian ini adalah merancang Enterprise Architecture Planning pada proses manajemen perencanaan Teknologi Informasi Bank Bengkulu, yaitu analisis proses bisnis, pembangunan arsitektur data, pembangunan arsitektur aplikasi. Framework yang digunakan dalam merancang Architecture Enterprise adalah Zachman Framework. Hasil penelitian ini adalah dokumnetasi proses bisnis Bank Bengkulu dengan menggunakan tools Bussines Model Canvas, value chain dan BPMN yang menunjukkan bahwa proses bisnis Bank Bengkulu terdapat 5 primary activity dan 4 support activity, dan pengukuran ketepatan perancangan Enterprise Architecture pada Bank Bengkulu menggunakan EA Scorecard didapatkan bahwa aspek bisnis mendapatkan nilai 86.65% maka dinyatakan valid, aspek informasi mendapat nilai 77.142% maka dinyatakan valid, aspek sistem informasi mendapat nilai 86.3% maka dinyatakan valid dan aspek infrastruktur teknologi mendapat nilai 87.14% maka dinyatakan valid. Kata Kunci: Teknologi Informasi, Arsitektur Perusahaan, Zachman Framework

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:11
Last Modified: 01 Aug 2023 08:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13491

Actions (login required)

View Item View Item