KLASTERISASI DATA TITIK GEMPA BUMI MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARANS DAN ANALISIS INTENSITAS GEMPA BUMI (Studi Kasus : Provinsi Bengkulu, Tahun 2000-2021)

Hati, Intan Permata and Vatresia, Arie and Ferzha, Putra Utama (2022) KLASTERISASI DATA TITIK GEMPA BUMI MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARANS DAN ANALISIS INTENSITAS GEMPA BUMI (Studi Kasus : Provinsi Bengkulu, Tahun 2000-2021). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_INTAN PERMATA HATI_G1A18034 .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu terletak diantara dua jalur sesar aktif gempa, yaitu jalur pusat gempa sesar Mentawai dan jalur pusat gempa sesar Sumatera di sekitar Bukit Barisan. Kondisi tersebut yang membuat Provinsi Bengkulu rawan akan terjadinya gempa bumi. Penerapan metode elbow, CLARANS, silhouette coefficient, dan matuschka bertujuan untuk mengelompokkan data gempa bumi di Provinsi Bengkulu dari tahun 2000 hingga 2021. Hal ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu untuk dapat mengetahui data gempa bumi yang pernah terjadi berdasarkan hasil klasterisasi, serta dapat mengetahui tingkat kerusakan bangunan yang dialami setiap daerah dari nilai skala kerusakan(MMI). Penelitian ini berhasil mengelompokkan 6 jenis klaster dengan nilai validasi klaster 0,55 (klaster layak), nilai percepatan tanah maksimum yang terjadi di Provinsi Bengkulu dalam kurun waktu 21 tahun terakhir adalah 11.64 cm/dt2, dan rata-rata nilai skala kerusakan (MMI) adalah IV. Kata Kunci : Gempa Bumi, Provinsi Bengkulu, klasterisasi, elbow, CLARANS, silhouette coefficient, matuschka, Percepatan Tanah Maksimum, skala kerusakan (MMI)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:12
Last Modified: 01 Aug 2023 08:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item View Item