PENENTUAN BIAYA PANEN, PENDAPATAN DAN EFISIENSI USAHA PRODUKSI KOPI BERAS (STUDI KASUS DI KEBUN KOPI TALANG BENTENG DESA TEMDAK KECAMATAN SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU)

Wahyu, Ramadhan and Yuwana, Yuwana and Lukman, Hidayat (2022) PENENTUAN BIAYA PANEN, PENDAPATAN DAN EFISIENSI USAHA PRODUKSI KOPI BERAS (STUDI KASUS DI KEBUN KOPI TALANG BENTENG DESA TEMDAK KECAMATAN SEBERANG MUSI KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Wahyu Ramadhan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Kepahiang yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang memiliki hasil produksi tanaman kopi dengan kapasitas yang sangat banyak dibandingkan dengan hasil panen dari daerah lainnya. Sistem pembiayaan pada proses panen kopi diambil dengan menjumlahkan keseluruhan dari biaya tetap dan tidak tetap (variabel) sehingga menjadikan total biaya panen terhadap pemanenan kopi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaiman metode pembiayaan pada tahap pemanenan jenis tanaman kopi di Desa Temdak Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) metode observasi, 2) metode wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode penjumlahan antara biaya tetap dan biaya tidak tetap juga menghitung total biaya penerimaan atau pendapatan petani. Hasil penelitian ini menunjukkan, total pendapatan hasil panen jenis tanaman kopi yang berhasil dikumpulkan dari lahan tanam dengan luas 7 ha mendapatkan sekitar 9 ton biji kopi pada satu kali musim panen tahun 2021. Dengan harga pasar biji kopi sebesar Rp. 19.500,00 /Kg biji kopi kering. Sedangkan penjumlahan biaya panen yang dihitung dari biaya tetap yang bernilai sebesar Rp. 3.200.000,00 dan jumlah biaya tidak tetap (variabel) senilai Rp. 36.510.000,00 yang dapat disimpulkan total keseluruhan biaya panen perkebunan kopi Desa Temdak, Kepahiang pada musim 2021 mencapai total Rp. 39.710.000,00.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:35
Last Modified: 18 Jul 2023 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13506

Actions (login required)

View Item View Item