ANALISIS MOTIVASI PEMILIH DALAM PEMILIHAN GUBERNUR PROVINSI BENGKULU 2015 DI DESA SUKA NEGARA KECAMATAN MARGA SAKTI SEBELAT KABUPATEN BENGKULU UTARA

WICAKSONO, FAJAR (2016) ANALISIS MOTIVASI PEMILIH DALAM PEMILIHAN GUBERNUR PROVINSI BENGKULU 2015 DI DESA SUKA NEGARA KECAMATAN MARGA SAKTI SEBELAT KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada), merupakan sebuah langkah maju dalam rangka perwujudan demokrasi untuk tingkat lokal di Indonesia yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2005. Provinsi Bengkulu sendiri sudah terhitung tiga kali melaksanakan Pilkada, khususnya dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, yaitu pada tahun 2005, 2010 dan yang baru saja dilaksanakan pada 2015 lalu. Mengingat partisipasi masyarakat dalam setiap penyelenggaraan Pilkada yang cukup tinggi, khususnya dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, penulis merasa tertarik untuk meneliti apa sebenarnya motivasi mereka dalam menentukan calon pilihannya pada setiap gelaran Pilkada, terutama pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur untuk masa jabatan 20162021. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan penyajian data berupa tabel, grafik, serta diagram untuk mempresentasikan hasil penghitungan modus, mean, median, standar deviasi serta perhitungan presentase. Penelitiaan ini dilakukan dengan mengajukan kuisioner kepada responden dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan pada hasil penelitian, menunjukkan bahwa motivasi masyarakat desa Suka Negara dalam menentukan pilihannya dalam pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Povinsi Bengkulu pada Pilkada 2015 lalu mengarah kepada 2 dari 4 indikator yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu berdasarkan kepada indikator keuntungan material dari visi misi serta programprogram kebijakan yang diusung masing-masing pasangan calon dan berdasarkan kepada indikator kemampuan manajerial yang dimiliki oleh masing-masing pasangan calon. Berdasarkan penelitian ini, yaitu pertama kepada calon yang berpartisipasi dalam Pilkada ataupun pihak penyelenggara Pilkada hendaknya melakukan sosialisas yang menjangkau seluruh elemen masyarakat. Kedua, pihak-pihak yang mencalonkan diri sebagai pemimpin agar lebih mengutamakan nilai-nilai serta prestasi yang baik untuk menarik simpati dan dukungan masyarakat. Ketiga, masyarakat hendaknya untuk menarik simpati dan dukungan masyarakat. Ketiga, masyarakat hendaknya lebih bersikap kritis dalam melakukan penilaian terhadap masing-masing calon yang berpartisipasi dalam Pilkada. Terakhir, perlu adanya studi lanjutan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam terkait dengan motivasi masyarakat dalam memilih calon pemimpinnya. Kata Kunci :Motivasi, Pemilih, Pilkada

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:47
Last Modified: 22 Nov 2017 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13508

Actions (login required)

View Item View Item