“PERANCANGAN PUSAT AKTIVITAS MASYARAKAT SEBAGAI SARANA AKTIVITAS FISIK DI BENGKULU TENGAH DENGAN PENDEKATAN GREEN BUILDING ARCHITECTURE”

Kharisma, Mutiara Wulan and Prihatiningrum, Atik and Debby, Seftyarizki (2022) “PERANCANGAN PUSAT AKTIVITAS MASYARAKAT SEBAGAI SARANA AKTIVITAS FISIK DI BENGKULU TENGAH DENGAN PENDEKATAN GREEN BUILDING ARCHITECTURE”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Mutiara Wulan Kharisma-G1E018024-TA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB)

Abstract

Aktivitas fisik seperti kegiatan olahraga merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan karena dapat melahirkan pengaruh positif bagi kesehatan baik secara fisik maupun secara psikis. Namun Kabupaten Bengkulu Tengah belum memiliki fasilitas serupa yang dapat mendukung masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik tersebut, sehingga sarana aktivitas fisik sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah. Pusat aktivitas masyarakat sebagai sarana aktivitas fisik di Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan rancangan sebuah wadah yang dapat menampung berbagai aktivitas fisik masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah dan sekitarnya yang berfokus pada kegiatan fisik yaitu kegiatan olahraga. Bangunan ini menjadi sarana dan prasarana masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik agar tercapai kesehatan jasmani, dan rohani serta dapat menjadi wadah untuk mengembangkan potensi masyarakat dibidang olahraga. Ketika melakukan aktivitas fisik tersebut terdapat interaksi sosial antar individu dan kegiatan-kegiatan pendukung aktifitas fisik seperti makan dan minum. Dengan demikian, bangunan ini dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan utama dari aktivitas fisik dan kebutuhan pendukung. Selain itu, bangunan pusat aktivitas masyarakat sebagai sarana aktivitas fisik ini menggunakan pendekatan arsitektur hijau (green architecture) dengan tujuan untuk merespon energi positif dari lingkungan sekitar, sehingga terciptanya kenyamanan pada pengguna. Bangunan ini menerapkan penggunaan tabir air untuk mengurangi panas didalam bangunan dengan cara menurunkan suhu panas pada selubung bangunan, dan menggunakan bukaan silang sebagai tempat pergantian udara didalam bangunan. Diharapkan penerapan green architecture pada desain pusat aktivitas masyarakat sebagai sarana aktivitas fisik ini dapat membantu lingkungan mencapai keseimbangan alam dan bangunan. Kata Kunci : Sarana Aktivitas Fisik, Green Building Architecture, Tabir Air

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:12
Last Modified: 01 Aug 2023 08:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item