IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN REKTOR NOMOR 4 TAHUN 2014 TENTANG MEKANISME PENETAPAN BESARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) BAGI MAHASISWA SI DAN DIPLOMA UNIVERSITAS BENGKULU

ANGGARIKSA, JHONI (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN REKTOR NOMOR 4 TAHUN 2014 TENTANG MEKANISME PENETAPAN BESARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) BAGI MAHASISWA SI DAN DIPLOMA UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI PDF JHONI ANGGARIKSA D1D110002 ADM NEGARA FISIP UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

P eneli ti an ini berjudul “ Implementasi Kebijakan Peraturan Rektor Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Mekanisme Penetapan Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Bagi Mahasiswa S1 dan Diploma Universitas B en gkulu”. P eraturan R ekt or Nomor 4 Tahun 2014 ini merupakan peraturan turunan dari PERMENDIKBUD Nomor 73 Tahun 2014 Tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal Pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kemendikbud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data, selanjutnya mendiskripsikan tentang implementasi mekanisme penetapan besaran UKT pada mahasiswa di Universitas Bengkulu. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu penulis membuat gambaran tentang keadaan secara objektif mengenai proses registrasi mahasiswa baru hingga di tetapkan nya jumlah nominal UKT mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan latar belakang keluarganya dan kriteria yang di tetapkan di peraturan Rektor tersebut. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sasaran penelitian yaitu Kepala Biro PPK UNIB, Kepala Bagian Pembelajaran, Kasubbag Registrasi dan Staf Operator Registrasi Mahasiswa Universitas Bengkulu. Berdasarkan Aspek dan hasil penelitian maka dapat diketahui gambaran mengenai Aspek pertama: Faktor Penerapan Besaran UKT pada mahasiswa berdasarkan 6 Indikator yaitu a. Usia Orang tua b. Jenis Pekerjaan Orangtua c. Penghasilan Tetap Orangtua d. Penghasilan Tambahan Orang tua, e. Jumlah Tanggungan Keluarga, f. Biaya Listrik dan Air Rumah Tangga. Aspek Kedua yaitu setiap indikator tersebut diberikan bobot : a. Maksimal 10%, b. Maksimal 50%, c. Maksimal 10%, d. Maksimal 10%, e. Maksimal 10%, f. Maksimal 10%, selanjutnya pada Aspek Ketiga Jumlah total dari keselurahan hasil dari bobot indikator tersebut di kelompokaan menjadi V kelompok UKT : jumlah bobotnya 0 % - <21% = kelompok UKT I, 21% - <41% = Kelompok UKT II, 41% - <61% = Kelompok UKT III, 81% - 100% = Kelompok UKT V, namun masih ada kendala yang dihadapi karena proses nya masih secara manual, yaitu penginputan data dari mahasiswa selanjutnya di input ke sistem apli kasi yan g b ernam a “Aplikasi P enentu UKT ” masih secar a manual, ti dak jaran g terjadi kesalahan data dan harus diverifikasi ulang, selain itu masih banyak juga kelemahan lainnya seperti belum adanya panitia atau tim yang melakukan pengecekan ke lapangan terkait dengan kebenaran data sehingga dengan mudahnya mahasiswa memberikan data yang tidak benar dengan tujuan meringankan beban UKT, selain itu masih ada fenomena lainnya, seperti perubahan kondisi ekonomi mahasiswa pada masa perkuliahan, yang seharusnya bisa di jadikan acuan untuk melakukan verifikasi kembali data-data terhadap mahasiswa, namun itu belum dilakukan secara maksimal oleh kedua belah pihak, dikarenakan belum adanya sosialisasi tindak lanjut terhadap kebijakan UKT ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:56
Last Modified: 30 Oct 2017 04:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item