ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DI DESA MATARAM KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS

L.S.PRAMA J, L.S.PRAMA J (2016) ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) DI DESA MATARAM KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
skripsi Prama.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan sebuah pondasi Pembangunan dalam suatu wilayah Negara atau daerah, bentuk dari partisipasi tersebut adalah keterlibatan Masyarakat dalam menyusun sebuah kebijakan perencanaan pembangunan yang dilakukan dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG). Dengan adanya Musrenbang diharapkan mampu menghilangkan dikotomi antara pemerintah dan masyarakat, agar kebijakan yang disusun dari bawah ke atas atau sering disebut bottom - up lebih efektif dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tidak hanya bersifat Top – Down. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk bagaiman partisipasi masyarakat Desa Mataram di dalam proses perencanaan pembangunan (Musrenbang). Untuk mengetahui lebih lanjut masalah ini penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang selanjutnya diberi judul : Analisis Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) di Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musirawas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi masyarakat Desa Mataram dalam proses Perencanaan Pembangunan Desa tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif, yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran dari partisipasi masyarakat. Data yang didapat dalam penelitian ini merupakan data hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam wawancara penelitian ini adalah aparatur desa dan masyarakat yang hadir dalam pelaksanaan Musrenbang Desa. Penelitian ini memiliki 3 aspek yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan keluaran Musrenbang. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa partisipasi masyarakat di dalam ketiga tahapan tersebut masih kurang baik. Masyarakat desa Mataram beranggapan bahwa pelaksanaan Musrenbang desa merupakan suatu rutinitas yang tidak mengharuskan mereka berpartisipasi. Perencanaan pembangunan yang kurangpartisipatip akan menyebabkan pembangunan yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk pelaksanaan Musrenbang yang akan datang ada baiknyapemerintah desa lebih mengikutsertakan masyarakat di dalam proses perencanaan pembangunan. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Musrenbang Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:09
Last Modified: 30 Oct 2017 05:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13536

Actions (login required)

View Item View Item