MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B4 PAUD KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU

Arafah, Siti Nur and Sumarsih, Sumarsih and Wembrayarli, Wembrayarli (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B4 PAUD KEMALA BHAYANGKARI 26 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu pada aspek koordinasi (tangan, kaki, kepala) dan keseimbangan pada anak kelompok B4 TK Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 17 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data menggunakan rumus rata-rata dan rumus ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan gerak dan lagu dari rata-rata pada siklus satu sebesar 3,32 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus kedua sebesar 4,14 dengan kriteria baik. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah motorik kasar anak menjadi meningkat, anak dapat melakukan kegiatan senam dengan lancar terutama pada aspek koordinasi. Pada aspek keseimbangan anak masih rendah perlu adanya latihan terus menerus agar anak dapat bergerak dan bisa menjaga keseimbangan tubuhnya. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Kasar, Kegiatan Gerak dan Lagu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:52
Last Modified: 18 Jul 2023 07:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

View Item View Item