PENERAPAN PERMAINAN KONSTRUKTIF DENGAN MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A PAUD Dharma Ibu Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara)

Anandasari, Susi Dwi and Nasirun, Nasirun and Wembrayarli, Wembrayarli (2018) PENERAPAN PERMAINAN KONSTRUKTIF DENGAN MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL ANAK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelompok A PAUD Dharma Ibu Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan kecerdasan visual-spasial melalui penerapan permainan konstruktif dengan media balok pada anak kelompok A PAUD Dharma Ibu Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kecerdasan visual�spasial anak kelompok A PAUD Dharma Ibu Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara melalui penerapan permainan konstruktif dengan menggunakan media balok. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian anak kelompok A PAUD Dharma Ibu Kecamatan Pinang Raya Bengkulu Utara yang berjumlah 10 orang terdiri dari 4 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan visual-spasial melalui penerapan permainan konstruktif dengan menggunakan media balok dari rata-rata siklus I sebesar 2,81 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II sebesar 3,84 dengan kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian yaitu kecerdasan visual-spasial anak dapat ditingkatkan melalui penerapan permainan konstruktif dengan media balok. Saran dari peneliti agar dapat menggunakan media yang lain seperti pasir dan tanah liat untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial. Kata kunci: Kecerdasan Visual-Spasial, Permainan Konstruktif, Media Balok.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:56
Last Modified: 18 Jul 2023 07:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item