SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISLAM TERPADU AULADUNA KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kualitatif di Taman Kanak-kanak IT Auladuna Kota Bengkulu)

Pranita, Uci and Kurniah, Nina and Anni, Suprapti (2018) SUPERVISI KLINIS KEPALA SEKOLAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ISLAM TERPADU AULADUNA KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Kualitatif di Taman Kanak-kanak IT Auladuna Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah yang dilihat dari perencanaan program, tahapan pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan di PAUD IT Auladuna. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, meliputi: pegumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan (1) Perencanaan program supervisi klinis yang ada di PAUD IT Auladuna bersifat umum, yang disertai jadwal pelaksanaan. (2) Supervisi klinis dilaksanakan dengan tahap pertemuan awal membahas permasalahan dan pembimbingan, tahap kunjungan kelas, tahap pertemuan diskusi membahas hasil kunjungan kelas. (3) Faktor pendukung: a) adanya dukungan yang tinggi dari pihak sekolah, adanya kesediaan dan antusias dari guru-guru PAUD yang tinggi untuk mengikuti dan melaksanakan supervisi klinis, b) adanya jadwal supervisi. Faktor penghambat yaitu: a) banyaknya kegiatan kepala sekolah yang tidak terjadwal atau incidental, b) sebagian guru terkadang merasa kurang siap dan terganggu karena belum terbiasa melaksanakan supervisi klinis, c) intrumen penilaian belum sesuai dengan fokus masalah yang dihadapi guru. Kata kunci: Supervisi Klinis, Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:08
Last Modified: 18 Jul 2023 08:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13542

Actions (login required)

View Item View Item