EFEKTIVITAS KEGIATAN MELUKIS DENGAN MEDIA BULU UNGGAS DAN KEGIATAN MELUKIS DENGAN MEDIA KUAS TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK (Penelitian Eksperimen di PAUD Sebening Kasih Kab. Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu)

Sonia, Verani and Saparahayuningsih, Sri and Anni, Suprapti (2018) EFEKTIVITAS KEGIATAN MELUKIS DENGAN MEDIA BULU UNGGAS DAN KEGIATAN MELUKIS DENGAN MEDIA KUAS TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK (Penelitian Eksperimen di PAUD Sebening Kasih Kab. Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi vera reni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mana yang lebih efektif kegiatan melukis dengan media bulu unggas atau kegiatan melukis dengan media kuas terhadap motorik halus anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian True Exsperimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini tersebar dalam kelompok B1,B2,dan A yang berjumlah 28 orang anak di PAUD Sebening Kasih Bengkulu Tengah tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu anak B dengan jumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan melukis dengan menggunakan media kuas lebih efektif dibandingkan kegiatan melukis dengan media bulu unggas. Hal ini berarti bahwa kegiatan melukis tepat untuk mengembangkan motorik halus anak, sehingga direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan kegiatan melukis dengan media kuas yang dipersiapkan secara matang sebagai alternatif untuk meningkatkan motorik halus anak. Kata kunci : Motorik Halus, Melukis, Media Kuas dan Media Bulu Unggas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:12
Last Modified: 18 Jul 2023 08:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13543

Actions (login required)

View Item View Item