PEMBIASAAN TOILET TRAINING ANAK USIA DINI (Studi Deskriptif Kualitatif Kelompok AUsia 4-5 tahun Di PAUDIT Bina Iman Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara)

Maydarika, Wiga Indri and Kurniah, Nina and Indrawati, Indrawati (2018) PEMBIASAAN TOILET TRAINING ANAK USIA DINI (Studi Deskriptif Kualitatif Kelompok AUsia 4-5 tahun Di PAUDIT Bina Iman Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan anak melakukan toilet training di PAUD IT Bina Iman. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan cara guru dalam pelaksanaan pembiasaan toilet training, faktor pendukung dalam pelaksanaan pembiasaan toilet training dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembiasaan toilet training pada anak kelompok A di PAUD IT Bina Iman Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data dengan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembiasaan yang ditanamkan melalui beberapa tahap yaitu memberikan penjelasan dengan lisan, dipraktekkan satu per satu, dibimbing serta dievaluasi untuk dilakukan tindak lanjut. Faktor pendukung adalah adanya kesiapan fisik dan mental yang sudah dimiliki anak ketika toilet training. Faktor penghambat yaitu rasa ragu dan takut anak saat toilet training. Sarannya adalah guru dapat melakukan toilet training secara sistematis dan mendampingi anak yang belum siap melakukannya. Kata Kunci: Toilet Training, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:18
Last Modified: 18 Jul 2023 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13548

Actions (login required)

View Item View Item