MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA HURUF KONSONAN BILABIAL MELALUI METODE CANTOL ANAK KELOMPOK B PAUD TERPADU WITRI I KOTA BENGKULU

Nurliawati, Yinyin and Nasirun, Nasirun and Yulidesni, Yulidesni (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA HURUF KONSONAN BILABIAL MELALUI METODE CANTOL ANAK KELOMPOK B PAUD TERPADU WITRI I KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi lengkap Yinyin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dalam Penelitian adalah untuk untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak kelompok B PAUD Terpadu Witri I Kota Bengkulu setelah dilakukan penerapan metode cantol pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui metode cantol dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak. Dari rata-rata pada siklus I yaitu 3.19 dengan kriteria cukup ke rata-rata pada siklus II yaitu 4.73 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan ini dikarenakan kegiatan membaca melalui metode cantol difokuskan pada aspek membaca yang dibatasi pada membaca kata yang berawalan konsonan bilabial (b, p, m). Namun kegiatan membaca permulaan melalui metode cantol akan sulit ditingkatkan jika guru kurang kreatif dalam memodifikasi pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat melanjutkan penelitian tentang membaca permulaan melalui metode cantol dengan kegiatan yang lebih bervariasi. Kata kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Metode Cantol

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:26
Last Modified: 18 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item View Item