ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Kota Bani Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara)

Jaya Saputra, Rahmad (2016) ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Kota Bani Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Di Desa Kota Bani Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara tujuan penelitian ini adalah yang ingin dicapai untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan desa di desa Kota Bani Kec. Putri Hijau Bengkulu Utara. Aspek-aspek yang diteliti adalah (1) partisipasi didalam tahap perencanaan, (2) partisipasi didalam tahap pelaksanaan, (3) partisipasi didalam tahap pengawasan. Kemudian metode penelitian ini adalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 15 orang dengan ketentuan informan adalah orang atau masyarakat yang dianggap paling tau tentang apa yang kita harapkan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah PJS Kepala Desa, BPD, Kepala Dusun, Ketua RT, Masyarakat Desa Kota Bani. Dari hasil penelitian : (1) partisipasi didalam tahap perencanaan desa jika dilihat dari penyampaian kehadiran masyarakat, pendapat/usulan, pengambilan keputusan masyarakat telah berpartisipasi dalam keikutsertaan tahap perencanaan, (2) partisipasi didalam tahap pelaksanaan jika dilihat dari memberikan sumbangan uang, sumbangan tenaga masyarakat telah ada keikutsertaan namun tidak semua masyrakat ikut serta, (3) ) partisipasi didalam tahap pengawasan, dalam hal ini partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan tidak dapat dikatan aktif, masyarakat lebih kepada menerima apa yang telah dibangun tanpa terkibat aktif dalam pengawasannya. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pembangunan Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:54
Last Modified: 30 Oct 2017 07:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item View Item