ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI LABORATORIUM BASIC SCIENCE FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BENGKULU

Amriana, Riza (2016) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI LABORATORIUM BASIC SCIENCE FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
riza amriana ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (58MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Kualitas Pelayanan di Laboratorium Basic Sceience Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan di Laboratorium Basic Sceience Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu. Aspek penelitian ini meliputi Aspek Tangible (Bukti fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Sasaran penelitian ini terdiri dari 3 orang Kepala Laboratorium, 4 orang PLP dan 15 orang Mahasiswa yang melakukan praktikum dan penelitian dengan menggunakan teknik Purposive Sampling penelitian ini dilakukan selama 3 minggu. Dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis interaktif (Milles dan Huberman) dan disajikan dalam bentuk kalimat maupun dalam bentuk angka dan tabel. Peneliti memperoleh hasil penelitian sebagai berikut: aspek Tangible belum sepenuhnya berkualitas karena masih kurangnya sarana dan prasarana serta belum nyaman di ruangan laboratorium karena sirkulasi udara yang kurang baik serta belum adanya pendingin ruangan di setiap ruangan laboratorium; aspek Reliability dinilai sudah memenuhi kriteria kualitas pelayananan karena sudah memliki SOP dan pelayanan sudah sesuai dengan SOP yang ada; aspek Responsiviness belum sepenuhnya berkualitas karena masih ada dari tenaga PLP yang belum tepat waktu dalam melayani mahasiswa sedangkan untuk respon terhadap kebutuhan mahasiswa semuanya telah merespon kebutuhan mahasiswa; aspek Assurance sudah berkualitas karena rincian biaya / tarif untuk pemakaian bahan penelitian sudah dirincikan secara jelas oleh PLP; selanjutnya untuk aspek Empathy juga belum maksimal karena masih ada dari PLP yang bersikap kurang ramah dalam memberikan pelayananan kepada mahasiswa, sehingga kualitas pelayanan dari aspek Emphaty ini belum berkualitas. Saran yang peneliti sampaikan adalah pihak Fakultas menambah sarana dan prasarana yang kurang terutama alat dan bahan untuk praktikum, untuk kenyamanan di laboratorium supaya setiap ruangan dipasang pendingin ruangan (AC). Hendaknya petugas laboratorium (PLP) melayani mahasiswa dengan ramah. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Laboratorium Basic Science FMIPA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:24
Last Modified: 30 Oct 2017 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13556

Actions (login required)

View Item View Item