MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B PAUD IT UMMI KOTA BENGKULU

Hansori, Yolanda Chikitania and Saparahayuningsih, Sri and Mona, Ardina (2018) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B PAUD IT UMMI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Yolanda Chikitania Hansori.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui kegiatan finger painting pada anak kelompok B PAUD IT Ummi Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action researt). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada masing-masing siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B5 yang berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak dari rata-rata pada siklus I (2,67) dengan kriteria cukup ke rata-rata pada siklus II yaitu (4,16) dengan kriteria baik. Peningkatan ini dikarenakan kegiatan finger painting difokuskan pada aspek kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterperincian. Oleh karena itu disarankan pada peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian tentang kreativitas melalui kegiatan finger painting lainnya. Kata kunci: Kreativitas, Kegiatan Finger Painting

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:44
Last Modified: 18 Jul 2023 08:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13560

Actions (login required)

View Item View Item