EFEKTIVITAS SOSIALISASI LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN OLEH KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL) BENGKULU

Aryen, Arsal (2016) EFEKTIVITAS SOSIALISASI LELANG EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN OLEH KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG (KPKNL) BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
Skripsi Arsal Aryen Fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Sosialisasi sebagai proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat, baik dengan keluarga, teman sebaya, sekolah maupun media. Untuk itu sosialisasi sangat dipengaruhi oleh informasi yang disampaikan antara pemberi kepada penerima pesan. Dalam prakteknya sering terjadi kesalahan-kesalahan dalam penyampaian pesan sosialisasi, seperti pemberi pesan yang belum memahami apa yang disosialisasikan, salah sasaran, waktu penyampaian pesan terlalu singkat, media yang dipakai kurang tepat akhirnya pesan yang disosialisasikan tidak tersalurkan dengan baik. Salah satu aktivias yang bergantung dengan sosialisasi adalah lelang karena mempertemukan antara penjual dengan pembeli dan tentu saja barang yang dijual dengan adanya sosialisasi realisasi lelang KPKNL Bengkulu melebihi target, akan tetapi peserta yang mengikuti lelang minim. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai bagaimana efektivitas sosialisasi lelang yang dilakukan oleh KPKNL Bengkulu. Penelitian ini, adalah penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui dan menggambarkan efektivitas sosialisasi lelang dengan aspek yaitu, 1) Siapa sumber pesan dan siapa penerima pesan lelang, 2) Informasi 3) Waktu sosialisasi 4) Media sosialisasi. Penelitian ini mengambil lokus pada KPKNL Bengkulu. Proses analisis data dilakukan secara terus menerus dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari observasi atau pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, wawancara yang dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara kepada informan dan responden serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi lelang eksekusi hak tanggungan yang dilakukan oleh KPKNL Bengkulu belum efektif, hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan tanggapan antara informan dan responden terhadap empat aspek penelitian. Saran penulis kepada KPKNL Bengkulu antara lain; melengkapi informasi lelang dengan melakukan tanya jawab kepada masyarakat sehingga ada kesamaan pandangan mengenai informasi lelang, waktu sosialisasi perlu ditingkatkan dan intensitas sosialisasi lelang serta media sosialisasi perlu diperbanyak dengan memberdayakan media sosial atau ikut serta dalam kegiatan-kegiatan peringatan hari besar nasional. Kata kunci : Sosialisasi, Lelang, KPKNL Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:36
Last Modified: 30 Oct 2017 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13561

Actions (login required)

View Item View Item