PENGETAHUAN SISWA KELAS XII IA SMA NEGERI MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS TENTANG TANAMAN OBAT

Sulastri, Erdi and Wiryono, Wiryono and Agus, Susatya (2013) PENGETAHUAN SISWA KELAS XII IA SMA NEGERI MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS TENTANG TANAMAN OBAT. Masters thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
Tesis_Valuasi_HL_Bukit_Cogong_Edi_Cahyono_PSL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tradisi pengobatan dan pemanfaatan berbagai jenis tumbuhan obat oleh suatu masyarakat merupakan potensi yang harus tetap dijaga kelestariannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas XII IA SMA Negeri Megang Sakti tentang tanaman obat dan manfaatnya, apakah pengetahuan tersebut dipengaruhi oleh gender dan profesi orang tua dan apakah pengetahuan tersebut diperoleh secara formal maupun nonformal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan interview dengan bantuan kuisioner. Responden terdiri atas 60 siswa yang terdiri atas 30 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Masing-masing dari 30 siswa terdiri 10 siswa anak PNS, 10 siswa anak pedagang dan 10 siswa anak petani. Analisis data yang digunakan anova dengan dua faktorial untuk melihat apakah gender dan profesi orang tua berpengaruh terhadap pengetahuan jenis dan manfaat tanaman obat. Analisis regresi sederhana digunakan untuk melihat pengaruh lamanya pergi ke kebun dan lamanya menggunkan media elektronik terhadap pengetahuan siswa tentang jenis dan manfaat tanaman obat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII IA SMA Negeri Megang Sakti memiliki tingkat pengetahuan jenis tanaman obat sebesar 88,00% (baik) dan pengetahuan tentang manfaat tanaman obat sebesar 58,67%. Pengetahuan tentang jenis tanaman obat dan manfaatnya dipengaruhi oleh gender dan profesi orang tua serta pengetahuan tentang tanaman obat tersebut diperoleh secara formal maupun nonformal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lamanya pergi ke kebun dan lamanya menggunkan media elektronik tidak mempengaruhi tingkat pengetahuan siswa tentang tanaman obat dan manfaatnya. Hasil uji analisis regresi sederhana menunjukkan hasil yang tidak signifikan. Sumber pengetahuan siswa diperoleh paling banyak berasal dari orang tuanya dan selebihnya berasal dari informasi teman atau tetangga, melihat televisi, mengakses internet, membaca buku dan sebagian kecil informasi dari Battra. Kata kunci : Pengetahuan, Jenis, Tanaman obat, Pemanfaatan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam & Lingkungan
Depositing User: 024 Agus Suyanto
Date Deposited: 13 Nov 2013 09:09
Last Modified: 15 Nov 2013 09:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item