PENGARUH UTAUT 2 (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USAGE OF TECHNOLOGY 2) TERHADAP NIAT DAN PERILAKU PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN NONTUNAI QRIS PADA MERCHANT DI KOTA BENGKULU

Manurung, Julianto and Kahar, Hakim and Suratman, Suratman (2023) PENGARUH UTAUT 2 (UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USAGE OF TECHNOLOGY 2) TERHADAP NIAT DAN PERILAKU PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN NONTUNAI QRIS PADA MERCHANT DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI JULIANTO MANURUNG D1D016063 - lilin kalamansi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Sistem pembayaran nontunai QRIS merupakan bentuk problem solving yang dilakukan oleh Bank Indonesia ditahun 2019 dalam rangka meningkatkan sistem pembayaran digital yang inklusif sebagai imbas kondisi industri financial technology yang tesegmentasi, eksklusif dan minim regulasi. Implementasi kebijakan integrasi sistem pembayaran QRIS membawa peningkatan volume transaksi hingga 27,7 Triliun Rupiah ditahun 2021 dengan total transaksi sebanyak 375 juta transaksi di 14,7 juta merchant se-Indonesia. Namun terdapat kesenjangan akseptasi di Provinsi Bengkulu hingga menermpati urutan terbawah dari 10 Provinsi di Regional Sumatera dengan capaian rata-rata kurang dari 1 transaksi per bulan per merchant. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor�faktor yang memengaruhi behavioral intention dan use behavior sistem pembayaran nontunai QRIS pada merchant di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Intrumen yang digunakan untuk mengukur niat dan perilaku terdapat didalam Model UTAUT 2 yang dikemukakan oleh venkatesh et al. (2012) dengan variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price, habit sebagai variabel independen dan behavioral intention, use behavior sebagai variabel dependen. Sasaran penelitian yaitu 189 merchant QRIS di Kota Bengkulu yang dianalisis menggunakan metode PLS SEM. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa faktor-faktor yang memengaruhi behavioral intention (niat perilaku) sistem pembayaran nontunai QRIS pada merchant di Kota Bengkulu adalah performance expectancy, effort expectancy dan price value. Sementara faktor-faktor yang memengaruhi use behavior (perilaku penggunaan) sistem pembayaran nontunai QRIS pada merchant di Kota Bengkulu yaitu habit dan behavioral intention.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:55
Last Modified: 20 Jul 2023 02:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13586

Actions (login required)

View Item View Item