ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Ruas Jl. Tanjung Agung Palik –Gunung Selan – Giri Mulya, Desa Lubuk Gading, Bengkulu Utara STA 1+000 s.d 3+700)

Christiantoro, Christiantoro and Bahri, Samsul and Makmun, Reza Razali (2022) ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (Studi Kasus Ruas Jl. Tanjung Agung Palik –Gunung Selan – Giri Mulya, Desa Lubuk Gading, Bengkulu Utara STA 1+000 s.d 3+700). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Final Skripsi Christiantoro_G1B017051.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)

Abstract

Kabupaten Bengkulu Utara merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu yang pada saat ini sedang terjadi peningkatan mobilitas kendaraan yang mengangkut barang berupa buah sawit, karet, batu bara dan hasil pertanian lainnya. Analisis kerusakan jalan dilakukan dengan 2 metode yaitu metode Bina Marga dan metode Pavement Condition Index (PCI). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis kerusakan, tingkat kerusakan permukaan, nilai kondisi kerusakan, urutan prioritas penanganan dan perbaikan pada Jl. Tanjung Agung Palik - Gunung Selan - Giri Mulya di Desa Lubuk Gading STA 1+000 sampai dengan 3+700. Metode Bina Marga menggunakan data LHR dan PCI mengukur kerusakan mulai dari panjang, lebar, dan kedalaman. Hasil analisis kerusakan jalan berdasarkan metode Bina Marga pada ruas Jl. Tanjung Agung Palik - Gunung Selan - Giri Mulya Desa Lubuk Gading memperoleh nilai urutan prioritas sebesar 9,1 yang merupakan >7 dan termasuk ke dalam program pemeliharaan rutin serta mendapatkan jenis kerusakan retak kulit buaya, tambalan, lubang, retak acak, retak memanjang dan melintang, dan pelepasan butiran. Metode PCI memperoleh nilai PCIs rata-rata sebesar 22,74 yang merupakan nilai ini termasuk klasifikasi kualitas perkerasan jalan dengan nilai 8 Sangat Buruk (Very Poor), jenis kerusakan pada PCI terdapat low, medium, high yaitu retak kulit buaya, retak memanjang dan melintang, retak blok, lubang, tambalan dan galian, penggemukan, dan pelepasan butiran. Kata kunci: Kerusakan Jalan, Metode Bina Marga, Metode Pavement Condition Index (PCI)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:41
Last Modified: 01 Aug 2023 08:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13587

Actions (login required)

View Item View Item