ANALISIS STRUKTUR GEDUNG MENGGUNAKAN SISTEM GANDA DENGAN PENAMBAHAN BASE ISOLATION TIPE LEAD RUBBER BEARING TERHADAP GEDUNG BERTINGKAT ENAM LANTAI

Irawan, Deni and Mukhlis, Islam and Ade, Sri Wahyuni (2022) ANALISIS STRUKTUR GEDUNG MENGGUNAKAN SISTEM GANDA DENGAN PENAMBAHAN BASE ISOLATION TIPE LEAD RUBBER BEARING TERHADAP GEDUNG BERTINGKAT ENAM LANTAI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FINAL SKRIPSI G1B017061 DENI IRAWAN 10 OKTOBER 2022 - Copy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (26MB)

Abstract

Provinsi Bengkulu merupakan daerah yang sering mengalami gempa bumi. Salah satu alternatif cara untuk mencegah kerusakan bangunan akibat gempa bumi adalah dengan menggunakan base isolation. Base isolation adalah suatu alat isolasi gempa yang digunakan untuk melindungi struktur dari kerusakan akibat gempa dengan mengurangi percepatan gempa yang masuk pada struktur. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbandingan kinerja struktur gedung dengan menggunakan sistem ganda berdasarkan periode, frekuensi, drift, dan efek p-delta antara gedung dengan fixed base dan dengan penambahan base isolation tipe lead rubber bearing, yang dilanjutkan dengan perbandingan desain penulangan elemen struktur kolom, balok, pelat lantai dan dinding geser yang memenuhi persyaratan SNI 2847:2019. Metode penelitian menggunakan metode analisis beban gempa respons spektrum dan analisis time history. Properties base isolation penelitian ini diambil dari katalog FIP INDUSTRIALE. Hasil analisis didapatkan struktur dengan penambahan base isolation dapat meningkatkan periode struktur pada mode pertama sebesar 106,10 % atau 2 kali lipat dibanding struktur fixed base. Nilai base shear saat dipasang base isolator untuk arah x menurun 12,70 % dan pada arah y menurun 26,80 %. Hasil pengecekan syarat sistem ganda telah memenuhi persyaratan. Hasil pengecekan drift didapatkan beberapa lantai yang tidak memenuhi drift izin. Hasil desain penulangan menunjukkan bahwa 4 jenis elemen kolom yang overstressed yang letaknya berdekatan dinding geser. Elemen balok yang overstressed ada 1 jenis yaitu balok tangga dikarenakan memiliki dimensi balok yang kecil. Kata Kunci : Sistem Ganda, Base Isolation,Respons Spektrum, Time History, Periode, Drift, P-delta, Desain Penulangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:39
Last Modified: 01 Aug 2023 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13588

Actions (login required)

View Item View Item