ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PEMILIK PROYEK TERHADAP KINERJA PENYEDIA JASA PADA PROYEK JALAN

Febrianti, Nely and Edriani, Annisa Fitria and Agustin, Gunawan (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PEMILIK PROYEK TERHADAP KINERJA PENYEDIA JASA PADA PROYEK JALAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Final Skripsi Nely Febrianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penyedia jasa konstruksi merupakan pihak yang dipilih oleh pemilik proyek berdasarkan penawaran harga dan ditunjukkan melalui dokumen kontrak yang telah disepakati kedua belah pihak. Jika kinerja penyedia jasa kurang baik maka akan berpengaruh kepada rendahnya kualitas jasa kontruksi. Berdasarkan hal tersebut pandangan pemilik proyek berperan penting pada kualitas kerja penyedia jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pemilik proyek terhadap kinerja penyadia jasa pada proyek jalan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner oleh peneliti kepada 30 responden dari pihak pemilik proyek. Metode kuantitatif dilakukan dengan cara mengolah data hasil tanggapan dari kuesioner yang telah diisi oleh responden. Data diolah dengan analisis statistik dengan menguji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian, semua faktor berpengaruh terhadap kepuasan pemilik proyek terhadap kinerja penyedia jasa. Faktor biaya, mutu, dan waktu berpengaruh sebesar 91,29%. Faktor dominan yang berpengaruh pada penelitian ini adalah faktor mutu dengan persentase 43,24%. Faktor lainnya adalah faktor biaya dengan persentase sebesar 18,27 dan faktor waktu dengan persentase sebesar 29,78%. Beberapa strategi yang harus dilakukan penyedia jasa agar dapat mengoptimalkan kinerja proyek adalah mengontrol mutu, merencanakan jadwal kerja dengan baik, membina hubungan baik dengan pemerintah, memaksimalkan pemanfaatan sumber daya manusia yang ada didaerah setempat, meningkatkan kepercayaan dari pemilik proyek, dan meningkatkan kerjasama tim dalam organisasi perusahaan. Kata kunci: penyedia jasa konstruksi, pemilik proyek, biaya, mutu, waktu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:39
Last Modified: 01 Aug 2023 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item View Item