IMPLEMENTASI RENCANA DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA DANAU MAS HARUN BASTARI DI KABUPATEN REJANG LEBONG

Logika, Pandu and Sugeng, Suharto and Jatmiko, Yogopriyatno (2023) IMPLEMENTASI RENCANA DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN OBJEK WISATA DANAU MAS HARUN BASTARI DI KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI PANDU LOGIKA D1D018080. - Pandu Logika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses rencana Dinas Pariwisata dalam mengembangkan objek wisata Danau Mas Harun Bastari di Kabupaten Rejang Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Aspek penelitian diadopsi dari teori Logic Models serta berpedoman dengan Rencana Strategis Dinas Pariwisata Kabupataen Rejang Lebong tahun 2016-2021 dimana terdapat 3 kompenen yaitu Recources (Sumber Daya), Activities (Kegiatan), Outputs (keluaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek Recources (sumber daya), diketahui bahwa sumber daya belum cukup memadai karena kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia ditandai dengan latar belakang pendidikan kepariwisataan yang minim dan disisi lain juga ketersediaan sarana dan prsarana yang belum terpenuhi. Dalam aspek Activities (kegiatan), dalam aspek kegiatan telah melakukan tahapan kegiatan pemasaran dan pengembangan destinasi namun masih terdapat kendala terkait tidak adanya kegiatan pemeliharaan fasilitas. Kemudian dalam aspek Outputs (Keluaran), keluaran perencanaan Dinas Pariwisata yaitu terdapat di dalam Renstra yang menghasilkan beberapa kegiatan pemasaran dan pengembangan destinasi pariwisata, namun belum optimal karena terdapat permasalahan seperti tidak adanya kerja sama dan kurangnya anggaran dana dalam pembangunan sarana dan prasarana pendukung objek wisata Danau Mas Harun Bastari. Adapun rekomendasi untuk Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong agar meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai serta pengadaaan perencanaan kegiatan pemeliharaan fasilitas dan menjalin kemitraan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:12
Last Modified: 20 Jul 2023 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13594

Actions (login required)

View Item View Item