PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA DESA TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA DI DESA SUNDA KELAPA KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Ariiq, Ridhoo Athoulloh and Kahar, Hakim and Jatmiko, Yogopriyatno (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA DESA TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA DI DESA SUNDA KELAPA KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Ridhoo D1D117027 - Ridho As.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan Kepala Desa Sunda Kelapa terhadap pembangunan infrastruktur di Desa Sunda Kelapa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskiptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan tanggapan responden terkait variable kepemimpinan kepala desa memiliki rata�rata persentase sebesar 75,35% yang mana nilai ini berada pada kategori “baik” dan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan infrastruktur desa memiliki rata-rata persentase sebesar 75.39% yang mana nilai ini juga berada pada kategori “baik”. Hasil uji korelasi pearson product moment menunjukkan adanya pengaruh kepemimpinan terhadap pertisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur desa dengan ditunjukkan dari hasil perhitungan koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,736, dimana nilai rhitung > rtabel (0,769 > 0,213). Hasil uji koefisien determinasi (r2 ) yaitu sebesar 0,541, Artinya, partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur desa dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala desa sebesar 54,1% dan 45,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Semakin baik kepemimpinan kepala desa maka akan semakin besar kemungkinan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan infrastruktur desa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:41
Last Modified: 20 Jul 2023 03:41
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13603

Actions (login required)

View Item View Item