EFEKTIVITAS PEMANFAATAN KARTU PELAKU USAHA KELAUTAN DAN PERIKANAN (KUSUKA) DI NAGARI AIR BANGIS, KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT, PROVINSI SUMATERA BARAT

Najia, Ummi Ati and Djonet, Santoso and Yorry, Handayani (2023) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN KARTU PELAKU USAHA KELAUTAN DAN PERIKANAN (KUSUKA) DI NAGARI AIR BANGIS, KECAMATAN SUNGAI BEREMAS KABUPATEN PASAMAN BARAT, PROVINSI SUMATERA BARAT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Ummi Ati Najia (D1D018046) - Ummi ati Najia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian mengenai Efektivitas Pemanfaatan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) di Nagari Air Bangis. Kusuka merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap kesejahteraan nelayan, yang mana fungsi Kusuka terdapat Dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 42 Tahun 2019 tentang Kusuka yaitu Sebagai basis data identitas pelaku utama sektor kelautan dan perikanan dan juga basis data untuk perlindungan dan pemberdayaan pelaku utama sektor kelautan dan perikanan dimana dalam penelitian ini difokuskan pada nelayan tradisional karena nelayan tradisional merupakan nelayan yang rentan terhadap kemiskinan. Dengan alasan diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Kusuka untuk kesejahteraan nelayan tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu kualitatif deskriptif dengan teori yang dikemukakan oleh Nugroho (Tepat Kebijakan, Tepat Pelaksananya, Tepat Target dan Tepat Lingkungannya), pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 9 (sembilan) orang yang terdiri dari 2 Petugas Kusuka dan 7 Nelayan pemilik Kusuka. Hasil dari penelitian ini dilihat pelaksananya dari segi ketersediaan sumber daya manusia pada dinas pelaksana Kusuka itu masih kurang karena hanya terdapat dua orang petugas yang memegang pelaksanaan Kusuka pada perikanan tangkap, untuk ketepatan target masih kurang tepat dimana masih banyak dari nelayan yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah, untuk lingkungan Program Kusuka masih belum maksimal dimana pada penelitian ini masih banyak ditemukannya nelayan yang gagal paham fungsi dari Kusuka itu sebenarnya. Namun Kusuka ini cukup efektif jika dilihat dari fungsi Kusuka sebagai identitas profesi nelayan dimana hampir setengah dari jumlah nelayan yang ada itu sudah mendapatkan Kusuka. Adapun wawancara dengan berbagai pihak terkait untuk menguraikan berbagai masalah pemanfaatan Kusuka, menjadi pelengkap penelitian yang dibuat secara deskriptif dengan metode kualitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:52
Last Modified: 20 Jul 2023 03:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13612

Actions (login required)

View Item View Item