ANALISIS DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH ANALISIS PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI BENGKULU DINAMIS

Putri Oktavia, Indah (2016) ANALISIS DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH ANALISIS PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI BENGKULU DINAMIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
INDAH OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (98MB)

Abstract

Belum dilakukannya pencatatan secara elektronik dalam kegiatan pengendalian surat masuk maupun surat keluar, adanya surat masuk yang tidak melalui prosedur, sulitnya arsip untuk ditemukan dengan cepat dan tepat, tidak bisanya arsip untuk dipinjam sehingga tidak ada prosedur pengembalian arsip, kurangnya fasititas pengelolaan arsip, kurangnya sumber daya manusia, ruangan arsip yang berdekatan dengan toilet dan AC yang tidak dihidupkan selama 24 jam merupakan permasalah pengelolaan arsip dinamis di BKD Provinsi Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengelolaan arsip dinamis di BKD Provinsi Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 7 orang informan dan 10 orang responden. Aspek penelitian ini adalah penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, dan penyusutan arsip di BKD Provinsi Bengkulu. Hasil yang diperoleh yaitu aspek penciptaan arsip yang meliputi prosedur surat masuk dan prosedur surat keluar belum sepenuhnya sesuai dengan aturan yang berlaku, dan masih terdapat penyimpangan sehingga belum optimal. Aspek penggunaan arsip, untuk penemuan kembali arsip tidak terdapat kesulitan maupun hambatan, peminjaman arsip belum dilaksanakan sehingga tidak ada kegiatan pengembalian arsip. Aspek pemeliharaan arsip sudah dilakukan hanya saja belum sepenuhnya optimal karena ruangan dan fasilitas yang kurang memadai. Aspek penyusutan arsip, untuk penilaian kembali arsip belum dilakukan di BKD Provinsi Bengkulu, Pemindahan arsip dari unit pengolah ke unit kearsipan belum dilakukan, namun pemindahan arsip dari ruangan arsip ke gudang sudah sekali dilakukan tanpa penilaian kembali arsip dan pemusnahan arsip juga belum pernah dilakukan. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah pengelolaan arsip di BKD Provinsi Bengkulu belum sepenuhnya optimal karena masih ada penyimpangan dan kegiatan-kegiatan yang belum dilakukan, serta perlu dilengkapinya sarana dan prasarana penunjang kegiatan pengelolaan arsip dinamis agar pelaksanaan pengelolaan arsip dinamis di BKD Provinsi Bengkulu lebih tertata dengan baik. Kata Kunci : P engelolaan, Arsip Dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:57
Last Modified: 01 Nov 2017 01:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13641

Actions (login required)

View Item View Item