IMPLEMENTASI PROSEDUR PENCAIRAN DANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) IMPLEMENTASI PROSEDUR PENCAIRAN DANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) IMPLEMENTASI PROSEDUR PENCAIRAN DANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) UNTUK BELANJA PEGAWAI PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA BENGKULU

MULYANI, TRI (2016) IMPLEMENTASI PROSEDUR PENCAIRAN DANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) IMPLEMENTASI PROSEDUR PENCAIRAN DANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) IMPLEMENTASI PROSEDUR PENCAIRAN DANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA (APBN) UNTUK BELANJA PEGAWAI PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI TRI MULYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (57MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran Implementasi Prosedur Pencairan dana APBN untuk Belanja Pegawai pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bengkulu. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan Implementasi Prosedur Pencairan dana APBN untuk Belanja Pegawai pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bengkulu. Aspek penelitian diambil dari Peraturan Menteri Keuangan No. 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam Rangka Pelaksanaan APBN di Kantor KPPN Bengkulu terdapat dalam pasal 39-63, terdiri dari : Penyelesaian Tagihan dan Penerbitan SPP, Pengujian SPP dan Penerbitan SPM, Penerbitan SP2D. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tempat penelitian pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bengkulu. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 2 Mei-2 Juni 2016. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan Informan penelitian yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian adalah Pegawai KPPN Bengkulu dan Satuan Kerja (Satker) yang mengurus pencairan dana APBN untuk belanja pegawai di KPPN Bengkulu. Analisis data dilakukan berdasarkan teknik kualitatif deskriptif mulai dari reduksi data, penyajian informasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilihat dari tiga aspek yaitu, pertama Penyelesaian Tagihan dan Penerbitan SPP sudah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan menteri keuangan, sehingga tidak ada lagi kekurangan dokumen tagihan dan dapat dengan mudah untuk dilakukan serta dilengkapi dokumen oleh semua satker yang akan mengurus pencairan dana, dimana prosedur yang dilakukan disesuaikan dengan mekanisme prosedur yang dibuat sesuai dengan peraturan menteri keuangan. Kedua, Pengujian SPP dan Penerbitan SPM telah sesuai dalam hal pemeriksaan dan pengujian SPP beserta dokumen pendukungnya dapat memenuhi ketentuan. Ketiga, Penerbitan SP2D yang dilakukan pihak KPPN telah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 190/PMK.05/2912 Tentang tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN. Dengan adanya Peraturan Menteri Keuangan maka kegiatan yang dilakukan pada pihak KPPN Bengkulu menjadi lebih cepat, dan tepat waktu serta tidak ada terjadi lagi kesalahan dalam kelengkapan dokumen. Sehingga tahapan dalam penyelesaian pada KPPN Bengkulu dapat memberikan kejelasan dan kepastian mengenai tata cara dalam proses pencairan dana APBN. Kata Kunci: Implementasi, Prosedur Pencairan Dana, Belanja Pegawai, KPPN Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:17
Last Modified: 01 Nov 2017 02:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13652

Actions (login required)

View Item View Item