ANALISIS HASIL TES KEMAMPUAN VO2MAX MELALUI METODE BALKE DAN MULTISTAGE FITNESS TEST PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KABUPATEN REJANG LEBONG

Putra, Rahmat Rabiul and Arwin, Arwin and Ari, Sutisyana (2018) ANALISIS HASIL TES KEMAMPUAN VO2MAX MELALUI METODE BALKE DAN MULTISTAGE FITNESS TEST PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil tes kemampuan VO2Max menggunakan metode Balke dan MFT, penelitian ini merupakan penelitian studi analisis dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabupaten Rejang Lebong berjumlah 335 siswa. Sampel yang diambil sebesar 20% dari populasi yaitu sebanyak 70 orang siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Metode Balke dan metode MFT. Hasil analisis yang diperoleh bahwa hasil tes rata-rata kemampuan VO2Max dengan metode balke adalah sebesar 30,66ml/kg/min dan sebesar 31,10ml/kg/min dengan metode MFT. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil tes kemampuan VO2Max dimana hasil tes MFT siswa lebih baik dengan selisih mean sebesar 0,44ml/kg/min. berdasar kan selisih hasil tes sebesar 0,44ml/kg/min, diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan yang relatif kecil. Kemampuan VO2Max siswa tergolong kategori Very Poor atau sangat kurang, dengan persentase pada tes balke 40% serta pada tes MFt 40% berada pada kategori Very Poor. Hal tersebut disebabkan 1)gaya hidup tidak sehat, 2)Minimnya kompetisi, 3)kurangnya motivasi, 4)minimnya program pembinaan, 5)Kurangnya pengetahuan. Kata kunci : VO2Max, Metode Balke, metode MFT.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:49
Last Modified: 20 Jul 2023 07:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13661

Actions (login required)

View Item View Item