HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS ATAS SISWI YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 29 PADANG JAYA BENGKULU UTARA

Darmanto, Robby and Insanistyo, Bayu and Tono, Sugihartono (2018) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SERVIS ATAS SISWI YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP NEGERI 29 PADANG JAYA BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata-tangan dengan kemampuan servis atas bola voli di SMP Negeri 29 Padang Jaya Bengkulu Utara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswi yang mengikuti ektrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitia ini adalah menggunakan metode korelasi untuk melihat hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebasnya yaitu kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan servis atas. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetehui hubungan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis atas, 2). Untuk mengetahui hubungan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan servis atas, 3). Untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis atas. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, korelasi, korelasi berganda, dan uji kontribusi. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan kekuatan otot lengan sebesar 17,56% dan koordinasi mata tangan sebesar 18,52% serta secara bersama-sama sebesar 32,07% terhadap kemampuan servis atas bola voli SMPN 29 Padang Jaya Bengkulu Utara. Artinya terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis atas, hubungan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan servis atas, dan hubungan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan servis atas siswi yang mengikuti ektrakurikuler bola voli di SMP Negeri 29 Padang Jaya Bengkulu Utara sudah terpenuhi dengan baik. Kata Kunci : Kekuatan Otot Lengan, Koordinasi Mata-Tangan, Servis Atas Bola Voli.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:59
Last Modified: 20 Jul 2023 07:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13667

Actions (login required)

View Item View Item