UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LEMPAR MENDATAR KESASARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MENGUNAKAN MEDIA DINDING PERMAINAN BOLA KASTI KELAS IV A SDN 03 LUBUK PINANG KABUPATEN MUKOMUKO

Saputra, Yayan Dwi and Sihombing, Santun and Yarmani, Yarmani (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN LEMPAR MENDATAR KESASARAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MENGUNAKAN MEDIA DINDING PERMAINAN BOLA KASTI KELAS IV A SDN 03 LUBUK PINANG KABUPATEN MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar lempar mendatar bola kasti dalam proses belajar mengajar dengan mengunakan media dinding pada siswa kelas IV A SDN 03Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian siswa kelas IV A SDN 03Lubuk Pinang Kabupaten Mukomuko yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian pada siklus kesatu menunjukan bahwa jumlah indicator pada lembar observasi aktivitas guru dalam pembelajaran masih terlaksana 14 item atau baru mendapat presentase (70%), dan pada lembar observasi aktivitas belajar siswa pada pembelajaran masih terlaksana 13 item atau baru mendapat presentase (65%) dari jumlah keseluruhan lembar observasi yaitu 20 item. Ini menunjukan bahwa proses belajar mengajar baik guru maupun siswa masih rendah atau masih pada kategori belum tuntas belajar. Sedangkan hasil disiklus ke dua menunjukan bahwa jumlah indikator yang guru lakukan pada proses belajar mengajar meningkat yaitu 17 item atau mendapat presentase(85%). Begitujuga dengan jumlah indikator yang siswa ikuti pada proses belajar mengajar disiklus kedua meningkat menjadi 16 item atau mendapat presentase(80%). Ini menunjukan bahwa tindakan yang dilakukan disiklus kedua baik guru maupun siswa dapat dikatakan telah tuntas belajar. Berdasarkan hasil diatas maka disimpulkan bahwa dengan mengunakan media dinding dapat meningkatkan proses belajar mengajar teknik dasar lempar mendatar permainan bola kasti. Kata kunci : lempar mendatar, media dinding, materi permainan dan bola kasti.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:12
Last Modified: 20 Jul 2023 08:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13676

Actions (login required)

View Item View Item