ANALISIS PENDAPATAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALOKASI PERUBAHAN POLA TANAM LAHAN USAHATANI MENJADI PADI SAWAH DAN TOMAT DI KOTA PAGAR ALAM

Deksa, Saplianto and M. Mustopa, Romdhon and Satria, Putra Utama (2022) ANALISIS PENDAPATAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALOKASI PERUBAHAN POLA TANAM LAHAN USAHATANI MENJADI PADI SAWAH DAN TOMAT DI KOTA PAGAR ALAM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi_Deksa Saplianto_E1D017004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan usahatani di Kecamatan Dempo Selatan hakikatnya ingin mengusahakan dan mengkoordinir agar lahan menjadi efektif dan efisien dalam penggunaannya sehingga memberikan pendapatan yang semaksimal mungkin. Awalnya pada musim tanam tertentu lahan persawahan hanya digunakan untuk bertani padi sawah. Seiring berjalannya waktu serta keadaan ekonomi masyarakat membuat petani melakukan perubahan terhadap komoditas usahatani mereka, perubahan tersebut semakin terus bertambah dari tahun ke tahun. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Menganalisis besar pendapatan usahatani padi sawah dan usahatani tomat dalam perubahan pola tanam di Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam. 2). Menganalisis perbedaan pendapatan antara usahatani padi sawah dengan usahatani tomat di Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam dan 3). Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam melakukan perubahan pola tanam usahatani padi sawah menjadi usahatani tomat di Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam. Penentuan jumlah responden menggunakan Slovin sebanyak 78 orang petani yang melakukan perubahan usahatani padi sawah ke usahatani tomat. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data bersifat deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usahatani tomat lebih besar dibandingkan dengan pendapatan usahatani padi sawah dengan rata-rata pendapatan usahatani tomat sebesar Rp. 32.033.076 MT/UT dan Rp.68.849.568 MT/Ha rata-rata pendapatan padi sawah sebesar Rp. 4.092.894 MT/UT dan Rp.6.602.897 MT/Ha. Faktor yang mempengaruhi petani dalam perubahan usahatani padi sawah ke usahatani tomat di Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagar Alam adalah umur, pengalaman usahatani, luas lahan, modal, dan pendapatan. Sedangkan variabel pendidikan dan jumlah tanggungan keluarga tidak berpengaruh nyata terhadap persentase luas lahan padi sawah yang beralih ke usahatani tomat. Kata Kunci : Pendapatan, Perubahan Pola Tanam, Padi Sawah, Tomat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:17
Last Modified: 20 Jul 2023 08:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item