LAYANAN FISIK DAN AGAMA OLEH PENGELOLA TERHADAP WARGA LANSIA DI BALAI PELAYANAN DAN PENYANTUNAN LANJUT USIA PAGAR DEWA KOTA BENGKULU

Chintia, Ade Elma and Rizkan, Rizkan and Sofino, Sofino (2018) LAYANAN FISIK DAN AGAMA OLEH PENGELOLA TERHADAP WARGA LANSIA DI BALAI PELAYANAN DAN PENYANTUNAN LANJUT USIA PAGAR DEWA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi ADE ELMA CHINTIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (19MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang layanan fisik dan agama oleh pengelola terhadap warga lansia di Balai Pelayanan Dan Penyantunan Lanjut Usia Pagar Dewa Kota Bengkulu. Subjek dalam penelitian ini sebanyak enam orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif deskriptif dengan langkah sebagai berikut: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulandan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi mulai dari triangulasi subjek, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan fisik dan agama sangat diperlukan agar kelayan selalu dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Bentuk kegiatan dari layanan fisik meliputi bimbingan kebugaran yang dimana lansia diberikan kegiatan seperti: senam lansia, terapi aktivitas kelompok (TAK) dan penyuluhan kesehatan, kegiatan olahraga seperti: senam lansia dan jalan santai, kegiatan penyediaan dokter seperti : pemeriksaan kesehatan bagi lansia, paramedis : anggota medis dokter atau perawat dan fasilitas medis, serta kegiatan fisioterapis: kegiatan berjemur pada pagi hari bagi lansia di BPPLU Pagar Dewa Kota Bengkulu. Bentuk dari kegiatan layanan agama meliputi: pengajian, dan ceramah agama. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Pelayanan dan Penyantunan Lanjut Usia Pagar Dewa Kota Bengkulu dan di dukung atas kerja sama dengan pemerintah daerah yaitu Dinas Sosial Provinsi Bengkulu. Dalam hal ini diharapkan terpenuhinya kebutuhan lansia yang mencakup kesehatan jasmani dan rohani, serta kesehatan fisik maupun psikis lansia. Kata Kunci : layanan fisik, layanan agama, warga lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:27
Last Modified: 21 Jul 2023 01:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13685

Actions (login required)

View Item View Item